BURUNG BETET EKOR PANJANG

BURUNG BETET EKOR PANJANG

Betet adalah jenis burung paruh bengkok atau parrot. Betet juga termasuk burung asli Indonesia, akan tetapi wilayah persebarannya tidak hanya berada di Indonesia saja. Salah satu ciri khas burung betet yaitu adanya tanda hitam pada bagian sisi wajahnya yang mirip seperti kumis.

Salah satu jenis burung betet yang paling banyak digemari oleh para pecinta burung kicauan khususnya burung paruh bengkok yaitu burung betet ekor panjang.

Burung betet ekor panjang termasuk jenis burung betet yang juga dijuluki dengan betet pipi merah. Jenis burung ini memiliki nama latin Psittacula longicauda. Selain itu juga merupakan salah satu dari kurang lebih sekitar 85 jenis burung paruh bengkok yang berada di Indonesia.

Burung betet ekor panjang ini memiliki ukuran sedang kurang lebih 40cm. Untuk warna pada bagian dada yaitu hijau cerah , bagian ekor juga panjang bertahap.

Ciri khas dari burung betet ekor panjang yang berjenis kelamin jantan yaitu dengan mahkota hijau. Kemudian untuk sisi-sisi kepala berwarna merah , dilengkapi juga dengan garis hitam tebal yang terlihat mirip seperti halnya kumis.

Selain itu betet ekor panjang juga memiliki ciri khas yaitu mantel yang berwarna biru pucat dan memiliki bagian ekor berujung kuning serta sayap kebiruan. Untuk jenis burung yang betina tampak lebih buram, kumis kehijauan.

Selain itu tidak ada warna biru yang ada pada bagian punggung. Ketika burung tersebut terbang, tampak penutup sayap bawah yang berwarna kuning. Perbedaan dari betet ekor panjang dengan betet pada umumnya, yaitu pada tubuh bagian bawah hijau dan sisi-sisi kepala yang berwarna merah.

Bagian iris yang berwarna kuning kehijauan. Untuk bagian paruh berwarna merah dengan ujung tampak seperti tanduk. Dan bagian kaki berwana abu-abu. Ciri khas dari kicauannya yaitu suara terdengar keras melengking, terdengar dari atas pohon dan terdengar ketika burung tersebut terbang.

Daerah persebaran dari burung ini pada umumnya terdapat pada daerah pesisir serta berada di dataran rendah. Khususnya berada pada hutan terbuka, perkebunan, hutan mangrove, tepi hutan hujan tropis, hutan sekunder. Serta berada di pinggiran taman kota dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi. Burung ini juga bisa ditemui hingga ketinggian mencapai 300 m.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.