BURUNG ELANG ULAR JARI PENDEK

BURUNG ELANG ULAR JARI PENDEK

Elang Ular Jari Pendek, Short-toed Snake Eagle, Circaetus gallicus , apa sih ciri khas yang menarik dari jenis burung ini, habitat dan kebiasaan, suara dan juga bagaimana peluang perjumpaannya di lapangan. Simak deskripsinya sebagai berikut.

Ciri Umum :

Burung elang ular jari pendek atau short toed snake eagle yang suda dewasa berukuran besar dengan panjang sekitar 65 cm. Bulu berwarna pucat. Tubuh burung kekar, pada bagian atas berwarna coklat keabu-abuan, sedangkan pada bagian bawah berwarna putih dengan coretan gelap, tenggorokan dan bagian dada coklat. Terdapat juga garis – garis melintang yang tampak samar pada bagian perut dan empat buah garis melintang yang tampak samar pada ekor.

Burung yang masih remaja berwarna lebih pucat dari pada dewasa. Pada waktu burung terbang, sayap tampak lebar dan panjang, dengan garis panjang mencolok pada bagian penutup sayap dan juga bulu terbang. Warna iris matanya kuning, paruh berwarna hitam dengan sera abu-abu, dan kaki berwarna kehijauan.

Habitat dan Kebiasaan :

elang ular jari pendek menghuni pinggir hutan dan juga semak sekunder. Terbang melingkar dan meluncur dengan posisi sayap yang dibentangkan lurus dan datar. Tampak seperti burung alap-alap raksasa, sering melayang-layang diam diangkasa sambil mengepakkan sayapnya. Memakan Verteberata yang kecil, terutama ular. Juga memakan jenis reptil seperti kadal, bunglon, tokek, belut dan juga biawak.

Terkadang memakan burung juga, jenis amphibi dan mamalia kecil antara lain seperti tikus, kelinci dan tupai. Sarangnya disusun di percabangan pohon yang tidak tinggi, berukuran cukup kecil, dan tersusun dari pada batang dan cabang pohon yang di sulam dengan daun dan rerumputan.

Selalu membangun sarang yang baru setiap tahunnya, meskipun masih juga merawat sarang yang lama. Menghasilkan telur sebutir yang dierami selama 2 bulan, terutama oleh burung betina. Anakan burung ini mulai belajar terbang dan meninggalkan sarangnya pada umur 60 sampai dengan 80 hari. Burung tertua yang tercatat berusia hingga 17 tahun.

Semoga artikel singkat tentang deskripsi jenis burung Elang Ular Jari Pendek, Short-toed Snake Eagle, Circaetus gallicus kali ini bisa bermanfaat dan dapat dijadikan panduan atau referensi pengamatan di lapangan. Sampai jumpa di pembahasan jenis burung menarik lainnya ya.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.