Burung Kangkareng Perut Putih

Burung Kangkareng Perut Putih

Fauna Indonesia – Burung Kangkareng Perut Putih atau nama latinnya Anthracoceros albirostris merupakan jenis burung pemakan biji-bijian yang dapat ditemukan di Indonesia.

Ciri Fisik
Berukuran kecil (45 cm), berwarna hitam dan putih. Tanduk besar, berwarna putih-kuning. Bulu hitam seluruhnya, kecuali bercak di bawah mata, berut bawah, pada, dan penutup ekor bawah putih serta ujung putih pada bulu terbang dan bulu ekor terluar.
Mata coklat tua, kulit tidak berbulu di sekitar mata dan tenggorokan berwarna putih, paruh dan tanduk putih-kuning dengan bintik putih pada pangkal rahang bawah dan tanduk bagian depan, kaki hitam.

Penyebaran dan ras
India utara, Cina selatan, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia, dan Sunda Besar. Terdiri dari dus sub-spesies:

  • albirostris (Shaw & Nodder, 1790) – India utara dan Nepal selatan ke timur sampai China selatan (Yunnan, Guangxi), dan ke selatan sampai Semenanjung Malaysia utara, Kamboja barat-daya dan Vietnam selatan.
  • convexus (Temminck, 1831) – Semenanjung Malaysia, Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali, termasuk pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Taksonomi
Ke dalam jenis ini termasuk Kangkareng utara A. Albirostris dan Kangkareng selatan A. Convexus, tetapi Kangkareng Malabar A. coronatus tidak termasuk. Akan tetapi, kalau semua jenis tersebut digabungkan, maka nama A. Coronatus harus dipakai sebagai nama jenis.

Tempat hidup dan Kebiasaan
Burung yang mencolok di hutan primer dan hutan sekunder dataran rendah di seluruh Sunda Besar. Dibandingkan dengan enggang lain, lebih menyukai habitat yang lebih terbuka seperti pinggir hutam, hutan bekas tebangan, dan hutan sekunder. Ditemukan berpasangan atau dalam gerombolan yang ribut, mengepak-ngepak atau meluncur di antara pepohonan. Memakan jengkerik, buah-buahan, reptilia kecil.
Telur dua butir berwarna putih dengan bercak keungu-unguan yang diletakkan dalam lubang pohon dengan cara yang khas untuk burung rangkong, yaitu terkurung di dalamnya. Di Jawa Tengah tercatat berbiak pada bulan Nopember.

Baca Juga:

Author: admin