BURUNG KOLIBRI LEHER MERAH

BURUNG KOLIBRI LEHER MERAH

Burung-madu adalah jenis burung kecil penghisap nektar yang banyak ditemukan di kawasan Asia. Spesies ini terdiri dari beberapa jenisnya yang memiliki penyebaran cukup luas. Jenis-jenis burung-madu di Indonesia dikenal dengan sebutan burung kolibri, dan cukup popular sebagai burung peliharaan. Salah satu spesies burung-madu adalah burung-madu leher merah.

Burung-madu leher merah atau Red-throated sunbirds (Anthreptes rhodolaemus) merupakan jenis burung berukuran sedang (12cm). Burung jantan dan betina spesies ini bisa dibedakan dari penampilan dan warna tubuhnya.

Burung jantan mempunyai mahkota dan tubuh bagian atas berwarna hijau mengkilap, dagu dan penutup sayap atas berwarna merah marun, tenggorokan merah lembut, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna kuning zaitun. Pada burung betina, tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun, tenggorokan putih, tubuh bagian bawah kuning pucat, dengan lingkat mata kecil kekuningan.

Spesies burung-madu leher merah banyak ditemukan di kawasan hutan-hutan tropis yang berada di dataran rendah hingga ketinggian 500mdpl. Mereka biasanya dijumpai di antara semak dan pohon-pohon kecil di hutan primer dan sekunder, dan sering juga ditemukan di rumpun-rumpun anggrek.

Di Pulau Jawa, akan sulit sekali menemukan spesies burung-madu ini, hal itu lantaran burung-madu leher merah mempunyai penyebaran di luar Jawa, yaitu di Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaysia, dan Palawan.

Burung-madu leher merah merupakan jenis burung-madu yang sangat dilindungi sesuai PP No.7 tahun 1999, selain itu spesies ini masuk dalam daftar merah IUCN dengan status Hampir Terancam. Kehampir punahannya jenis burung ini merupakan kesalahan banyak pihak yang gemar menjadikan burung ini sebagai peliharaan.

Diketahui burung kolibri leher merah mempunyai kiacau yang indah dan sering kali di jadikan burung kontes bagi para penggemar dan pemelihara burung kicau. Untuk saat ini jenis burung madu yang satu ini sudah mulai di lindungi dengan undang-undang guna menjaga agar tidak terancam punah.

Sedangkan kemunculannya di alam liar sudah sangat sulit di temukan, Foto dari burung madu unik ini pun sulit untuk di ketemukan. Padahal burung ini menjadi salah satu burung madu terpopuler di seluruh dunia yang terdapat di Indonesia.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.