BURUNG KUTILANG

BURUNG KUTILANG

Burung kutilang merupakan burung yang memiliki suara kicauan yang terdengar unik serta beragam. Sebab suaranya yang unik, maka banyak orang yang hendak memelihara burung ini dan akan diikutkan lomba dengan burung kutilang yang lainnya.

Yang mana pada perlombaan tersebut burung akan diadu suara yang paling sering keluar serta paling terdengar nyaring. Pycnonotidae merupakan suku kebangsaan dari burung kutilang ini. Dan untuk nama lain dari burung kutilang yaitu cucak kutilang atau juga banyak yang menyebutnya dengan nama cankurileung.

Di pulau Jawa burung kutilang biasa disebut dengan sebutan genthilang. Untuk nama ilmiahnya adalah Pycnonotus Aurigaster yang diperoleh dari bulu burung di sekitar pantatnya yang warnanya jingga. Burung ini punya ukuran yang sedang dan jika diukur rata-rata memiliki panjang 20 cm untuk burung kutilang yang dewasa.

Habitat Burung Kutilang

Habitat dari burung kutilang tersebar dengan sangat luas sampai dengan ketinggian 1.600 m dpl. Burung ini juga kerap dijumpai pada tempat-tempat terbuka. Misalnya seperti di kebun, tepi jalan, pekarangan, semak belukar, sampai dengan halaman rumah di perkotaan. Burung kutilang cenderung dijumpai berkeliaran dengan berkelompok.

Baik itu berkelompok dengan jenisnya sendiri atau bisa berkelompok dengan jenis yang lainnya. Bahkan burung yang bertubuh sedang ini juga tak jarang terlihat berkelompok dengan spesies burung lain.

Daerah penyebaran burung ini secara luas terdapat di daerah Tiongkon Selatan dan juga Asia Tenggara kecuali di negara Malaysia. Di Indonesia sendiri burung kutilang menyebar di Jawa dan juga pulau Bali. Kemudian dilakukan perkembang biakan di pulau Sumatera dan juga Sulawesi. Akhir akhir ini burung kutilang juga dijumpai di Pulau Kalimantan.

Jenis Burung Kutilang

Jenis burung Kutilang ini banyak disebut dengan nama burung cucak cucakan atau burung merbah. Kemudian yang termasuk pada jenis burung ini pastinya ada banyak sekali jenisnya. Burung kutilang ini memiliki jenis yang bermacam macam dengan ciri khas yang berbeda-beda. Nah, berikut jenis-jenis burung kutilang yang terdapat di berbagai tempat Indonesia pada artikel selanjutnya.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.