BURUNG NURI KEPALA HITAM

Pencinta burung pasti tidak asing lagi dengan pesona burung yang satu ini. Nuri kepala hitam, itulah namanya. Burung nuri kepala hitam berasal dari daratan Papua, Ambon, dan Ternate. Mahkota burung ini berwarna hitam sehingga dinamakan nuri kepala hitam.

Nuri kepala hitam mempunyai tiga warna di tubuhnya. Warna merah menyelimuti dada atas dan kepala. Warna ungu melingkar di kepala bagian bawah hingga dada. Warna ini menyerupai bentuk kalung. Sementara sayapnya dipoles warna hijau dan merah dengan panjang 6,4 inci.

Burung nuri kepala hitam adalah burung yang cerdas. Burung ini bisa menirukan suara lain. Kadang-kadang suara burung nuri kepala hitam mirip suara elang. Tidak jarang, burung nuri kepala hitam mengeluarkan suara seperti suara mino emas.

Selain itu, burung nuri kepala hitam bisa berbicara, lho. Burung nuri kepala hitam mampu merespons ucapan Anda dan melakukan komunikasi dua arah. Kalau dilatih, minimal, burung ini bisa menirukan suara Anda.

Burung nuri kepala hitam juga bisa mengikuti semua perintah majikannya. Apa pun yang Anda perintahkan, burung ini dapat melakukannya dengan baik. Tapi, Anda harus melatih burung ini supaya cepat menyesuaikan diri dengan tingkah laku dan kebiasaan manusia.

Melatih burung nuri kepala hitam agar berbicara, memang tidak mudah. Tapi, kalau sudah jinak, burung nuri kepala hitam akan mengeluarkan semua keahliannya. Burung nuri kepala hitam merupakan salah satu primadona burung di Indonesia. Tidak ada salahnya kalau julukan burung serbabisa disandang oleh burung ini.

Perbedaan Nuri Kepala Hitam Betina dan Jantan

Secara umum, perbedaan jenis nuri kepala hitam jantan dan betina mudah dilihat. Burung nuri kepala hitam yang jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis burung nuri kepala hitam betina. Ekor burung nuri kepala hitam jantan lebih pendek dibandingkan dengan nuri kepala hitam betina. Burung nuri kepala hitam jantan lebih pendek daripada nuri kepala hitam betina. Jenis nuri kepala hitam betina memiliki kalung berwarna hitam di bagian lehernya. Burung nuri kepala hitam jantan memiliki bulu berwarna tegas dan mengkilat dibandingkan dengan nuri kepala hitam betina. Warna bulu nuri kepala hitam terlihat berwarna dop.

Pada dasarnya, hampir semua burung memiliki bentuk paruh yang bengkok seperti halnya nuri kepala hitam. Tentunya, jenis nuri kepala hitam memiliki daya tarik tersendiri yang menjadi ciri khasnya. Jenis nuri kepala hitam mampu menirukan suara manusia. Terlebih lagi, jenis nuri kepala hitam memiliki warna bulu yang indah. Burung nuri kepala hitam mampu melakukan berbagai macam atraksi apabila dilatih dengan tepat. Jenis nuri kepala hitam mampu memiliki ekor yang melebar. Bahkan, jenis nuri kepala hitam mampu mencapai berat 200 hingga 240 gram.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.