CIRI-CIRI BURUNG TLEDEKAN

CIRI-CIRI BURUNG TLEDEKAN

Beberapa Burung Tledekan yang cukup dikenal di Indonesia dan banyak dipelihara oleh peternak antara lain, Burung Tledekan Gunung baik Jawa maupun Kalimantan, kemudian Tledekan Laut atau Burung Sikatan, atau ada juga yang menyebutnya dengan nama Burung Sulingan, sebenarnya bukan merupakan burung asli Indonesia melainkan burung yang bermigrasi dari negara lain seperti Cina, Jepang, Korea dan bahkan dari Eropa seperti Negara Rusia.

Burung-burung tersebut datang ke Indonesia untuk mencari tempat yang hangat. Burung Tledekan dikenal memiliki suara yang cukup baik terutama untuk Tledekan Gunung. Sedangkan untuk Tledekan Laut, suaranya tidak begitu bervariasi dan terkesan lebih lembut layaknya seruling.

Habitat Burung Tledekan

Burung ini mempunyai ciri fisik dengan panjang tubuh sekitar 8 hingga 20 cm. Sedangkan untuk warna bulunya terbilang sangat beragam misalakan biru, oranye, putih, coklat dan sebagainya. Sebagian orang menyebut unggas ini dengan nama Sulingan, mungkin karena kicaunya yang lembut menyerupai suara lantunan seruling.

Persebaran burung sulingan ini terdapat Negeri Nepal, India, Myanmar, Bhutan, Kamboja, Thailand, China barat daya, China tenggara, Semenanjung Malaya, Sumatra dan Jawa. Unggas dengan ciri-ciri bodi kecil dan bernama lain sikatan ini gemar bertempat tinggal di daerah lembab, misalnya pada hutan tropis dan sub-tropis yang dekat dengan aliran air sungai.

Ciri Burung Tledekan Bambu/Gunung

1. Cara paling mudah untuk mengidentifikasi burung ini adalah dengan melihat warna bulunya. Burung Tledekan Gunung jantan biasanya memiliki warna bulu kekuning-kuningan atau warna orange dibagian dagu, dada dan leher.
2. Kemudian bulu pada bagian perut hingga bawah ekor biasanya berwarna kuning pastel yang memiliki gradasi warna putih.
3. Di atas kepala dan di bagian punggung, burung ini berwarna biru tua.
4. Sedangkan burung betina sedikit berbeda warnanya dibandingkan dengan burung jantan mulai dari kepala, punggung hingga ekor berwarna kecoklatan atau abu-abu.

Biasanya burung ini di jadikan peliharaan oleh para penggemar burung kicau karena mempunyai kicauan yang sangat indah. Sehingga tidak heran jika burung ini sangat sulit di temukan di alam liat apalagi khususnya di Indonesia.

Author: admin