ELANG BONDOL

ELANG BONDOL

 

Elang Bondol – Dalam bahasa ilmiah ini dikenal dengan Haliastur Indus, yang merupakan spesies dari Haliastur. Burung elang ini merupakan salah satu maskot kota jakarta. Burung Elang bondol tersebar hampir seluruh wilayah Indonesia.

Burung Elang bondol berukuran sedang di antara burung elang lainnya. dia berukuran sekitar 45 cm, dengan bulunya yang berwarna putih dan coklat pirang . Kalau masih remaja seluruhnya bewarna coklat dengan terdapat coretan di dada. Pada saat Elang Bondol sudah menjadi dewasa maka bulu-bulunya akan berubah seiring kedewasaannya.

Burung Elang Bondol biasanya memangsa anak ayam, burung kecil dan mamalia kecil lainnya. ternyata burung ini memangsa kepiting juga. Karena burung ini terdapat juga di rawa-rawa untuk mencari makan. Jika burung ini memangsa kepiting bayangkan betapa kuat cengkraman burung ini.

Ini seperti burung elang lainnya yang merupakan predator yang sangat berbahaya bagi hewan lainnya yang dimangsanya. Sorotan mata yang tajam dari atas dan kadang merebut makanan dari hewan lain yang lebih lemah menjadi ciri khas burung elang.

Burung Elang Bondol berkembang biak pada bulan Januari – Agustus dan Mei – Juli. Mereka membuat sarang pada puncak pohon-pohon yang tinggi dengan ranting dengan ukuran besar. Telur nya berwarna putih dengan terdapat sedikit bintik-bintik merah pada telur nya, Telurnya burung Elang bondol Biasanya terdapat 2 – 3 telur pada sarangnya.

-Ciri-ciri fisik elang bondol : bulu berwarna putih di bagian kepala, dada, hingga perut, sehingga sisanya berwarna coklat tua. Warna mata elang bondol lebih cenderung berwarna hitam pada bagian pupil dan berwarna kuning pada bagian lainnya. Kaki elang bondol sangat pendek yang menandakan kaki elang ini dapat mencengkram mangsanya dengan kuat, Elang bondol dapat mencapai ukuran 45-60cm terkadang lebih tergantung usia.

-Habitat Elang bondol : Elang bondol banyak di temukan di bagian pesisir pantai, hutan mangrove, rawa hingga muara yang berada di dekat pantai. Dan bahkan dapat di temukan disepanjang aliran sungai yang mengalir kedalam hutan belantara

-Kebiasaan berpindah elang bondol : Elang bondol hampir sepunuh nya menetap pada habitat aslinya, kalau harus berpindah itu di karenakan jumlah mangsa yang berada di dekat habitatnya telah berkurang atau habis.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.