KUCING HUTAN / FELIS BENGALENSIS

KUCING HUTAN / FELIS BENGALENSIS

Nama bengal berasal dari nama ilmiah Asian Leopard Cat yang sering disebut sebagai Bengal Tiger. Karakteristik Fisik Dengan bentuk badan yang besar dan gagah, bengal mendapatkan sebagian ciri fisik leluhurnya yang merupakan kucing liar. Kucing betina dewasa mempunyai berat badan sekitar 4-5 Kg, sedangkan kucing jantan bisa mencapai berat 10 Kg.

Bentuk kepala kucing bengal besar dan agak panjang, tetapi lebih kecil dibandingkan porsi tubuhnya. Lehernya besar, panjang dan berotot, seimbang dengan ukuran kepala. Hidung besar dan lebar, sedangkan kulit hidung berwarna merah dengan garis luar hitam. Telinga sedang dan menghadap kedepan. Mata lebar dan bulat seperti buah almond, berwarna hijau atau amber.

Pola warna bengal sangat khas yaitu tabby spotted yang berwarna kehitam-hitaman, coklat atau cinnamon, dan garis horizontal hitam dibagian pundak, serta lingkaran berbentuk cincin pada ekor dengan ujung berwarna gelap. Warna dasar orange lebih disukai. Dikenal juga pola classic tabby yang terlihat seperti pola oyster di bagian paha dan pola kupu-kupu di bagian bahu

Sifat dan Temperamen Ras Bengal adalah kucing yang cerdas dan aktif. Salah satu ciri khasnya adalah kesukaan akan air, mereka tidak keberatan sebagian tubuhnya basah oleh air. Mereka suka sekali mandi dan berendam dalam bathtub bersama pemiliknya.

Akhir-akhir ini, beberapa kucing Bengal rumahan menunjukkan kelainan sifat dan tingkah laku. Kucing-kucing tersebut memperlihatkan insting berburu yang cukup kuat dan melukai anak-anak. Di Australia, ras ini sempat dilarang dipelihara karena dianggap agak berbahaya. Insting berburu yang berlebihan ini rupanya muncul akibat perawatan yang keliru.

Selain dikenal dengan sebutan meong congkok (felis bengalensis) juga disebut sebagai macan batu karena karakternya yang menyukai berjemur diatas bebatuan pinggir sungai pada saat siang hari sembari mengincar ikan.

Namun karena dampak pencemaran lingkungan, terutama air. kini bengal jarang terlihat berada diatas bebatuan, sulitnya mendapatkan makanan dari sungai menyebabkan evolusi bengal menjadi pemburu utama unggas sejak sepuluh tahun terakhir ini sehingga julukan bengalpun berganti menjadi macan akar karena lebih sering berada diatas pohon mencari mangsa unggas.

Perubahan pola makan ini tentu mempengaruhi pada bengal baik secara psikis maupun antomi yang menjadi lebih kerdil. Belakangan terbukti bengal mampu dipelihara dirumah dengan cara adaptasi terlebih dahulu untuk mengurangi sifat stress dan liar (buas) bengal.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.