Mengenal Burung Kenari

Mengenal Burung Kenari

Mengenal Burung Kenari

Mengenal Burung Kenari – Burung kenari (Serinus Canaria) pertama diketemukan Oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada era ke 15. Berkesan sebab keelokan bulu serta kemerduan suaranya. Keaneka ragaman burung kenari yang saat ini adalah perubahan turunan kenari liar yang namanya latin Serinus Canarius. Jumlahnya tipe ini adalah situasi alam atau sebab kawin silang yang berlangsung semenjak lima era yang kemarin.

Negara Belanda yang sekarang semakin diketahui untuk negara pengekspor kenari Indonesia, sebelumnya datangkan kenari dari Inggris, Jerman serta Belgia selanjutnya kenari itu dikawinkan dengan kenari liar serta membuahkan beberapa macam seperti norwich,scoth fancy,bolder fancy,london fancy,yorkshire,lanchaisire,gloser,dan lain-lain. Nama burung kenari tidak terkait dengan buah kenari, tetapi diambil dari nama pulau habitat aslinya, yakni Kepulauan Canary. Kepulauan tersebut mendapatkan namanya dari bahasa Latin canarias yang bermakna (pulau) anjiing, sebab jumlahnya anjing liar yang berada di sana pada jaman dulu. Mengenal Burung Kenari

Ternak Burung Kenari Buat Pemula

Kenari ialah satu tipe burung kicau yang banyak disukai oleh warga Indonesia. Kecuali mempunyai gacoran yang merdu, kenari mempunyai harga yang konstan. Karenanya, lumayan banyak pencinta burung kicau yang berusaha untuk beternak kenari.

Beternak kenari dipandang punyai potensial yang lumayan baik di waktu akan datang. Tetapi, untuk ternak kenari tidak gampang sebab dibutuhkan ketelatenan serta kesabaran. Buat yang telah eksper memang tidak alami kesusahan dalam beternak burung kenari ini, tetapi buat yang masih pemula dibutuhkan usaha keras.

Dibanding dengan burung kicau yang lain, sebetulnya perawatan kenari cukup gampang. Contohnya, pemberian pakan serta yang lain. Beberapa orang yang sukses sebab mengembangbiakkan burung ini. Ditambah lagi, tiap hari permohonannya terus bertambah khususnya untuk kontes hingga harga masih konstan di pasar.

Ciri Kualitas Burung Favorit

Beberapa ciri burung kenari yang mempunyai kualitas favorit untuk dibuat indukan ternak ialah gampang menyesuaikan serta bisa beradaptasi secara baik pada lingkungan baru dan gesit serta aktif berkicau atau mungkin tidak pemalas.

Tetapi, bila ada kenari yang pemalas, sebetulnya itu bukan datang dari indukan yang buruk. Namun dikarenakan oleh perawatan yang salah seperti pemberian pakan kurang macam serta kemungkinan kelamaan dijemur.

Untuk memperbedakan kenari jantan serta betina, tidak susah. Anda dapat lihat dari bentuk badannya. Kenari jantan punyai badan semakin panjang serta ramping, sedang betina sedikit membulat. Bila betina serta jantan itu datang dari indukan yang sama, yang jantan semakin lebih dahulu berkicau dibandingkan betina.

Pilih indukan serta pejantan umur produktif, yakni enam bulan buat kenari betina serta 8 bulan untuk kenari jantan. Disamping itu, pilih sangkar yang baik serta pas yaitu memiliki ukuran tidak kecil dan tetap dibikin bersih tiap hari agar terlepas dari semut dan bakteri.

Saat proses pengeraman anda dianjurkan tidak sering memeriksanya agar sang induk tidak gampang depresi. Proses pengeraman umumnya akan memerlukan waktu seputar 12—14 hari. Waktu cuaca dingin, anda dapat memberikan tambahan lampu 5 watt di seputar kandang untuk memberi rasa hangat buat sang induk. Hal yang tidak kalah keutamaan ialah pisahkan pejantan dari indukan semasa mengerami telur itu.

Agar burung kenari masih sehat, anda dapat memberi beberapa obat alami. Disamping itu, kerjakan penjemuran tiap pagi hari dengan cara teratur untuk tingkatkan kebal badan dan membuat kenari semakin gacor.

Budidaya Burung Kenari Yang Sangat Menjanjikan

Burung kenari jadi salah satunya kesempatan usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Beberapa tipe burung kenari yang sedang disukai warga yakni : kenari border, kenari gloster, kenari norwich, kenari cinnamon, kenari yorkshire, kenari lancashire, kenari waterslager, kenari fife fancy, kenari scoth fancy, kenari roller, kenari crest, kenari frill, kenari spanish timbrado, kenari american singer, kenari lizard, kenari belgian fancy, kenari color breed canary.

Dengan adanya banyak tipe burung ini karena itu untuk pilih macamnya harus sesuai arah, untuk tentang dari bentuk, dari berkicaunya, dan juga warnanya. Kenari yang biasa disukai ialah yang berperawakan besar serta lagunya bagus.

Harga pasar Burung Kenari

Burung kenari diketahui mempunyai harga pasar yang konstan yang bisa memberikan keuntungan buat aktor usaha, untuk burung kenari tipe lokal dengan umur 1-2 bulan umumnya dipasarkan pada harga Rp300.000-Rp500.000, serta untuk umur lebih dari pada itu dapat capai juta-an rupiah. Sedang untuk burung kenari Impor untuk umur di bawah 1 bulan dipasarkan sekitar Rp500.000-Rp600.000.

Langkah perawatan burung kenari.
Sangkar

Sangkar burung kenari ini harus seringkali dibikin bersih hingga bersih serta nyaman buat burung itu. Ukuran sangkar besar dengan ukuran 45x45x50 cm serta dikasih tangkringan dengan diameter 1 cm dari kayu. Jauhi sarang dari tempat keramaian yang akan membuat burung stress.

Perkembangbiakan kenari

Pilih induk kenari yang baik hingga akan membuahkan anak yang unggul. Kenari siap kawin umumnya diawali pada usia 8 bulan. Tipe kelamin dari burung kenari bisa disaksikan dari bentuk badan jantan semakin kecil dengan paruh yang tebal hingga suara kicauan semakin keras. Proses penjodohan kenari dengan kenari jantan serta betina diletakkan pada sangkar yang tidak sama tetapi didekatkan, selanjutnya langsung di masukan pada sebuah sangkar.

Pemasaran

Rajinlah melatih burung kenari anda dengan suara master dari burung lain serta beri gizi yang baik hingga membuahkan burung kenari yang unggul.

Pakan

Cukup gampang dalam memberikan makan burung kenari ini dapat dengan buah-buahan serta sayuran, telur, kroto, roti kering dan sebagainya.

Masalah dalam beternak kenari

Membutuhkan kesabaran dalam jalani proses peternakan. Induk betina tidak ingin bertelur dengan beberapa pemicunya belum cukup usia, sarng tidak nyaman dan lain-lain. Kadang telur tidak ingin menetas dengan beberapa hal (anda harus memerhatikan pemicunya hingga tidak terulang lagi). Anak mati bila kekurangan gizi jadi lu harus memerhatikan makanan anak burung kenari ini.

Baca Juga : Burung Anis Merah

jordan smith

jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.
Close
Menu