Pengertian Dari Fauna Indonesia

Pengertian Dari Fauna Indonesia

Beberapa Macam Pengertian Dari Fauna Indonesia

Daftar Macam Macam Fauna Identitas Provinsi di Indonesia ...

Pengertian Dari Fauna Indonesia. Sudah pastinya Indonesia ini kaya akan fauna yang di milikinya serta sangat memanjakan mata kita semua.

Sudah pastina setiap zona serta subzona pada biosfe ini memiki flora serta fauna yang berbeda – beda. Tentunya perbedaan tersebut di karenakan oleh faktor – faktor lingkungan yang mempengaruhi suatu kehidupan flora serta fauna sehingga persebarannya dipermukaan bumi berbeda-beda.

Untuk kata fauna ini berasal dari bahasa latin yang artinya alam hewan. Di dalam mitologi Romawi, kata fauna ini dapat di artikan sebagai kakak dari faunus, yang artinya itu sebagai roh yang tinggal di hutan atau pun daratan.

Jadi untuk pengertian fauna ini merupakan lingkungan dari hewan yang mencakup semua jenis hewan. Serta kehidupannya yang berada diwilayah dan masa tertentu.

Fauna / hewan yang berada di permukaan bumi ini penyebarannya di pengaruhi dari suatu keadaan dari lingkungan sekitar. Yang nantinya sesuai dengan tempat tinggal hidupnya. Bila pada suatu keolompof fauna sudah tidak sesuai lagi untuk ditinggali di daerah tertentu.

Sudah pastinya keolompok dari fauna itu akan melakukan sebuah migrasi  / perpindahan ke daerah lain. Tentunya secara garis besar, daerah dari persebaran fauna di dunia ini dapat di klasifikasikan menjadi 8 wilayah persebaran.

Pengelompokan Dari Fauna Di Indonesia

Sudah pastinya hewan – hewan yang bisa bertahan hidup pada biasanya akan makan yang berada di sekitarnya. Perlu di ketahui juga peristiwa dari makan memakan ini terutama di alam bebas bisa di sebut dengan istilah rantai makanan. Kami di bawah ini akan memberikan dari pengelompokan hewan di antaranya sebagai :

Herbivora

Untuk herbivora ini hewan yang memakan jeni dari tumbuh – tumbuhan. Ciri dari hewan herbivora pada umumya berkaki 4, hewan mamalia, dan hidup di daratan. Contoh hewan herbivora yaitu sapi, kerbau, kambing, domba, kuda, kelinci, dan kerbau. Kelompok burung pemakan biji-bijian juga termasuk dalam jenis herbivora.

Karnivora

Untuk karnivora ini hewan yang memakan daging. Dari ciri – ciri fisik yang terdapat dari hewan ini pada umumnya memiliki gigi taring / gigi – gigi yang jumlahnya sangat banyak serta tajam. Tidak hanya itu saja hewan karnivora mempunyai cakar / kuku yang sangat kuat sekali.

Beberapa di antaranya mempunyai bisa atau pun racun yang untuk melumpuhkan mangsanya. Contoh hewan karnivora seperti singa, macan, harimau, kucing, anjing, ular, burung elang, dan buaya.

Omnivora

Untuk omnivora ini hewan yang memakan segala rupanya. Jenis dari hewan ini bisa untuk memakan biji – bijian, tumbuhan, daging atau pun hewan lainnya. Contoh dari hewan omnivora ini seperti babi, ayam, tikus, dan beberapa jenis unggas.

Serangga

Perlu di ketahui serangga ini termasuk dari hewan fauna jga. Pada umumnya hewan – hewan kecil ini mempunyai mulut yang dapat menusuk atau pun menghisap. Serta mereka juga menjadi makanan untuk hewan yang lebih besar lagi. Yang termasuk dari jenis serangga di antaranya ada nyamuk, lebah, belalang, capung, kupu-kupu, dan lalat.

Pengelompokan Dari Hewan Berdasarkan Cara Perkembang Biakannya

Sudah pastinya setiap fauna / hewa bisa berkembang biak dengan caranya masing – masing, contohnya seperti di bawah ini di antaranya adalah :

Ovipar

Yang merupakan istlah untuk menyebut dari perkembang biakan hewan dengan cara bertelur. Untuk hewan ovipar biasanya mempunyai ciri – ciri berkaki dua dan tidak mempunyai daun telinga. Contoh hewan ovipar yaitu ayam, burung, bebek, itik, dan angsa.

Vivipar

Yang merupakan istilah untuk menyebut dari perkembang biakan hewan dengan beranak. Untuk hewan vivipar ini pada umunya mempunyai ciri – ciri menyusui anaknya, berkaki empat, dan mempunyai daun telinga. Contoh hewan vivipar yaitu kucing, sapi, kambing, dan harimau.

Ovipar

Yang merupakan istilah untuk menyebut dari perkembang biakan hewan dengan bertelur serta beranak juga. Untuk hewan ovipar ini contohnya seperti hewan reptil yaitu biawak dan juga buaya.

Itulah pengertian dari fauna. Semoga artikel yang kami buat ini bisa memberikan pengetahuan yang luas serta bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Baca juga jenis flaura serta fauna yang sangat langka.

jordan smith

jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.
Close
Menu