Penyu Lekang

Penyu Lekang

Penyu Lekang merupakan penyu berwarna abu-abu yang memiliki nama ilmiah Lepidochelys olivacea. Merupakan spesies penyu yang hidup di perairan tropis dan sub tropis yang berperairan dangkal dalam bahasa inggris disebut Olive Ridley Turtle.

Bentuk tubuh penyu tidak mengalami perubahan dengan bentuk nenek moyangnya 100 juta tahun yang lalu berdasarkan temuan fosilnya. Karapas penyu berfungsi untuk melindungi dari faktor lingkungan. Kulit penyu lebih ringan dibandingkan kura-kura sehingga mereka begerak lebih cepat. Daya apung air mengurangi berat cangkang penyu sehingga hewan ini tidak keberatan membawa cangkangnya saat berenang di air.

Ditemukan di perairan hangat di wilayah samudera Pasifik, Hindia dan Atlantik. Mereka ditemukan bertelur di pesisir selatan kepulauan Indonesia, termasuk di pesisir pantai selatan Bali seperti di patai Kuta, pantai Tegal Besar, Klungkung – Bali. Di beberapa tempat di India dan Meksiko penyu ini datang dalam jumlah ribuan untuk bertelur bersama-sama di sebuah pantai, yang disebut dengan “arribadas”​

Penyu abu-abu melakukan peneluran ataupun bersinggah di kawasan pantai yang terdiri dari butiran pasir hitam. Butiran pasir hitam memiliki kandungan mineral besi lebih dari 70% atau “opac”. Pasir besi mengandung sifat magnetik karena terdapat mineral magnelite berwarna hitam, maghemite, dan Rutil.

Pasir besi ini ditemukan di pantai selatan Bantul dan Kulon Progo Yogyakarta. Tanaman yang dapat tumbuh di pantai yang mengandung besi antara lain Pandan Tikar (Pandanus tectorius), Cemara Laut (Casuarina equisetifolia L), dan Ketapang Laut (Terminalia mantaly).

Baca Juga:

About The Author